Air Mawar : Untuk Kecantikan Kulit



AIR MAWAR

Pada jaman Yunani dan Romawi kuno dahulu, kelopak mawar digunakan sebagai parfum mandi mereka. Mereka sangat menghargai mawar dan menghiasi lantai ruang perjamuan dengan kelopak mawar.

Selain indah dipandang, keharuman bunga mawar banyak disuka orang. Air bunga mawar juga memiliki banyak manfaat.

Air mawar pertama kali dibawa oleh bangsa Persia sekitar abad ke-10. Saat ini, sebagian besar air mawar dan minyak esensial mawar masih berasal dari daerah ini.

Meskipun dibutuhkan banyak kelopak bunga mawar untuk membuat air mawar, namun banyak manfaat yang bisa didapat dari air bunga mawar.

Air sulingan mawar juga telah banyak digunakan dalam industri kosmetik, obat-obatan, dan juga terapi selama berabad-abad.

Minyak mawar memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan juga antijamur, sehingga ideal untuk mengobati sejumlah penyakit topikal, termasuk lecet, luka bakar dan kondisi kulit. Mawar juga memiliki manfaat untuk meredakan sakit tenggorokan, demam dan juga batuk.

Air mawar juga dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Anda dapat menggunakan air mawar untuk mengobati jerawat, atau untuk menambahkannya ke dalam teh untuk meredakan sakit tenggorokan.

Produk kecantikan sekarang ini juga banyak yang menggunakan mawar sebagai bahan dasar. Mulai dari air mawar, distilasi mawar, minyak esensial mawar, atau minyak biji rosehip, semua sari mawar tersebut tidak hanya sekedar pewangi produk saja, namun juga membantu meremajakan dan menutrisi kulit Anda.


Inilah cara membuat masker wajah dari kelopak mawar:

Cukup rendam 8 kelopak dalam 3-4 sendok makan air selama 2-3 jam. Lalu tumbuk kelopak ke dalam air dan tambahkan 3 sendok makan madu. Aduk rata, dan aplikasikan ke seluruh wajah. Biarkan selama 15-30 menit. Bilas dengan air dingin.

Setelah mengetahui Manfaat Mawar Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit Wajah, tertarik untuk mencoba masker mawar?

Air mawar merupakan bahan alami yang bisa membuat para wanita tampil lebih cantik. Khasiat Air mawar ini sudah dirasakan sejak jaman dahulu, selain baik untuk kulit ternyata juga sangat baik untuk Rambut.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat mawar untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Manfaat Air Mawar  : 

1. Perawatan Kulit

Air mawar banyak digunakan untuk perawatan kulit karena aman dan cukup lembut untuk semua jenis kulit.

Air mawar bekerja baik pada kulit kering dan yang mengalami penuaan, maupun pada kulit yang berminyak dan rentan terhadap jerawat.

Air mawar memiliki astringen yang berkhasiat seperti tonik yang membantu mengurangi kemerahan akibat pembesaran kapiler darah.

2. Menyegarkan kulit berjerawat
Dengan membasuh wajah dengan air mawar 2 kali sehari maka kulit yang berjerawat akan dapat dikurangi peradangannya. Selain itu air mawar ini dapat berfungsi sebagai antiseptik dan juga melembutkan kulit sehingga kulit yang kemerahan bisa hilang dan pori-pori yang tersumbat bisa bersih.

3. Kulit Kering dan Sensitif
Bagi anda yang memiliki kulit kering dan sensitif air mawar alami ini bisa memberikan lapisan yang melembabkan kulit. Juga dapat mengatasi eczema, dermatitis, lecet atau juga luka bakar.

4. Mencerahkan Wajah
Air mawar kaya akan vitamin A dan E dan bisa menjadikan wajah lebih cerah dan segar. caranya celupkan kapas pada air mawar dan tepuk-tepuk di kulit.

5. Mencegah Penuaan

Air mawar mengandung Rose Hip Seeds yang memiliki 8 kali vitamin C yang lebih banyak dan menjadi salah satu sumber anti oksidan. Air mawar ini akan menutrisi hingga jauh ke dalam lapisan kulit sehingga kulit menjadi lebih elastis dan jauh dari kerutan.

6. Menyegarkan Mata
Air mawar dapat membantu menyegarkan area mata yang kehitaman karena kurang tidur dan kelelahan. Caranya kompreskan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air mawar selama yang anda perlukan.

7. Antibakteri

Kandungan antibakterial pada minyak esensial mawar dapat membantu mengobati jerawat dan muka berminyak. Sifat ini juga menjadikan mawar bahan yang ideal untuk pembersih wajah.

8. Anti-inflamasi

Minyak mawar juga dapat membantu mengurangi bintik-bintik kemerahan atau bengkak pada kulit Anda. Sifat menenangkan ini juga akan membantu mengatasi penyakit rosecea dan eksim.

9. Mengurangi Garis Bekas Pakaian Dalam

Jika Anda pernah mengalami tanda merah bekas pakaian dalam, maka Anda bisa menguranginya dengan kompresan air mawar ini.

10. Pelembab

Minyak alami yang ditemukan dalam mawar dapat membantu mengunci kelembaban kulit, sehingga membuat kulit terasa halus. Mawar sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif karena kadar gula dalam kelopak mawar memiliki efek menenangkan.

11. Toner

Sebagai zat alami, mawar dapat membantu mengencangkan pori-pori dan mengembalikan kekenyalan kulit untuk wajah yang cerah. Tidak seperti toner dari bahan dasar alkohol, mawar akan membuat kulit terasa halus dan tidak kering.

12. Aroma Harum

Banyak produk kecantikan organik memilih mawar sebagai aroma dibanding wewangian buatan.

13. Efek Menenangkan

Ketika digunakan untuk wewangian, mawar akan menenangkan pikiran kita. Bahkan, kelopak mawar merupakan bahan pokok dalam pengobatan Ayurvedic dan digunakan untuk mendetoksifikasi dan menenangkan.

Meskipun ini tidak ada hubungan langsung dengan manfaat kecantikan, namun lotion atau krim dengan bau mawar akan memberikan rasa tenang pada pemakainya.

Ketika digunakan untuk wewangian, mawar akan menenangkan pikiran kita. Bahkan, kelopak mawar merupakan bahan pokok dalam pengobatan Ayurvedic dan digunakan untuk mendetoksifikasi dan menenangkan.

Meskipun ini tidak ada hubungan langsung dengan manfaat kecantikan, namun lotion atau krim dengan bau mawar akan memberikan rasa tenang pada pemakainya.

Air mawar sangat bagus jika ditambahkan ke dalam bak air panas untuk berendam dan relaksasi.
Air mawar memiliki efek menenangkan dan telah digunakan untuk mengobati stres, ketegangan saraf, psikosomatis seperti stres akibat tukak lambung, dan penyakit jantung.


14. Menyehatkan Rambut

Air mawar dapat membantu pertumbuhan rambut. Selain itu bisa juga membersihkan dan menjadi antiseptik bagi kulit kepala yang iritasi. Kulit kepala yang kering, kotor dan berketombe bisa dibersihkan dengan air mawar ini.

15. Vitamin

Kelopak bunga mawar yang digunakan untuk membuat air mawar mengandung banyak vitamin, termasuk diantaranya adalah vitamin A, B3, C, D, dan E.

Selain itu, falvonoid (antioksidan), tanin, dan zinc juga sering ditemukan dalam air mawar. Semua kandungan tersebut berfungsi untuk memperbaiki tekstur dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

16. Antioksidan

Mawar mengandung kadar vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang kuat. Vitamin yang penting ini dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama. Bahkan beberapa bukti menunjukkan bahwa air mawar dapat membantu mencegah kulit terbakar.

17. Teh Herbal

Air mawar juga digunakan sebagai teh herbal untuk terapi atau pengobatan stres perut serta infeksi kandung kemih.

Teh herbal air mawar juga berfungsi sebagai minuman hangat yang memiliki efek menenangkan.

18. Perisa Makanan

Banyak makanan eksotis yang ditambahkan dengan sejumlah kecil air mawar untuk mendapatkan rasa yang unik dan menarik.

Beberapa contoh makanan yang diberi air mawar diantaranya adalah kue Yunani, kari India, es krim, puding, Baklava, dan marzipan.

Manfaatnya yang sangat banyak dari Air mawar ini tentu tidak akan Anda sia-siakan begitu saja.
Ok selamat mencoba untuk mendapatkan kecantikan dari Air Mawar.

Rasakan dan nikmati khasiat dan manfaat air mawar dalam kemasan BIO SPRAY






Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer