Filosofi Angsa




FILOSOFI ANGSA

Akhir-akhir ini marak para pemimpin mengeluh di berbagai instansi. Bisa jadi keluhan itu benar adanya, namun karena di mata bawahan atau yang mengamanahkan beliau sebagai pemimpin keluhan itu justru menunjukkan karakter yang lemah. Padahal bagi bawahannya mereka diangkat atau dipercaya untuk memimpin karena satu alasan mereka mempunyai kelebihan dari yang dipimpin. Dalam beberapa survey bentuk ‘keluhan’ yang disampaikan di depan umum telah mengurangi simpati sekaligus popularitas pemimpin tersebut di hadapan bawahan atau rakyatnya.

Ketika manusia lahir ke dunia, sesungguhnya dia telah menyandang predikat khalifatullah fil ‘ard (wakil Allah SWT di bumi) sekaligus menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri, ketika seseorang menjabat atau menduduki posisi tertentu di sebuah institusi sesungguhnya dia telah dipilih sekaligus menyanggupi untuk memimpin, bahkan ketika seseorang menikah untuk membangun rumah tangga, sesungguhnya dengan sadar dia telah memproklamirkan diri dan siap menjadi pemimpin bagi keluarganya.

Kepemimpinan adalah bentuk amanah yang harus dipertanggungjawabkan baik di hadapan Allah SWT maupun di hadapan yang dipimpinnya. Dalam memimpin ada konsekwensinya. Tampil dengan karakter yang kuat, tidak mudah mengeluh, selalu bersikap tenang, menjadi bagian dari solusi adalah harapan kita selaku yang dipimpin. Karena itu diperlukan pemimpin yang berkarakter dengan keteladanan yang tinggi. Model pemimpin terbaik yang dimiliki oleh umat Islam adalah Muhammad SAW.

Dalam frame yang lebih sempit di samping sebagai pemimpin keluarga dan pemimpin bagi diri sendiri, sesungguhnya Anda adalah seorang pemimpin bagi downline Anda. Disadari atau tidak ketika mendaftar menjadi member dengan mengisi formulir pendaftaran sejak saat itu Anda telah memilih jalan untuk memimpin downline di jaringan Anda. Anda pasti mempunyai harapan memiliki jaringan yang besar, dan insentif yang banyak. Karena itu Anda butuh membangun jaringan dengan merekrut sebanyak-banyak mitramuda sekaligus membinanya.

Proses merekrut, membina, dan melakukan pendampingan ini membutuhkan keteladanan, karakter yang kuat sekaligus kharisma dari Anda. Pada saat itulah Anda telah tampil sebagai pemimpin. Karena menjadi upline adalah pemimpin maka jadilah pemimpin yang tidak mudah mengeluh, tidak bersikap negatif dan tidak menunjukkan kelemahan karakter Anda. Tampillah dengan sosok pemimpin yang ideal.

Pernahkah Anda memperhatikan seekor angsa yang sedang berenang di kolam atau di sungai? Di permukaan air, alangkah anggunnya angsa itu. Terlihat tenang, memikat yang memandang, dan tidak grasa-grusu. Tapi di balik itu semua di bawah permukaan laut angsa itu giat bekerja, kaki-kakinya sibuk mengayuh untuk berenang agar tetap terapung di permukaan air, kadang-kadang dia menenggelamkan dirinya ke dasar kolam atau sungai untuk mencari remis, ikan kecil atau lainnya sebagai makanannya. Setelah sibuk di dasar kolam atau sungai, angsa itu kembali muncul ke permukaan air dengan tenang seakan tidak terjadi apa-apa. Walaupun saat menyelam ke dasar kolam atau sungai dia belum mendapatkan makanan apa-apa.

Sebagai manusia yang bijak, kita tentu dapat mengambil pelajaran dan hikmah dari peristiwa apapun termasuk dari angsa itu. Bahwa sangat banyak permasalahan dan kesulitan yang kita hadapi itu pasti. Karena memang itulah bagian dari hidup, tapi penyikapan terhadap masalah dan tantangan itulah yang menjadikan orang terlihat memiliki karakter pemimpin atau tidak. Seberat apapun tantangan yang Anda hadapi sebagai pebisnis MLM, tetaplah tampil tenang, tidak mengeluh, apalagi berpikir dan berkata negatif di depan downline Anda.

Sikap apapun yang muncul dari Anda akan sangat mempengaruhi downline Anda. Semua mempunyai tantangan dalam konteksnya masing-masing, tapi tetaplah tenang, tetaplah anggun, tetaplah tampilkan performance terbaik Anda. Tapi di balik itu semua Anda tetap giat, tetap berpikir dan bekerja keras mencari solusi untuk menyelesaikan tantangan Anda sambil terus melakukan amanah kepemimpinan.

Ingatlah jika pemimpin kuat, tidak mudah mengeluh, selalu tenang maka yang dipimpinnya akan jauh lebih tenang. Tapi ketika pemimpin selalu mengeluh, berpikir dan dan bertindak negatif, pesimis, maka kehancuran hanya tinggal menunggu waktu.

Menjadi orang yang berhasil di bisnis MLM bukanlah pekerjaan yang diraih hanya dalam hitungan semalaman saja, namun ada rangkaian proses yang menyertai keberhasilan tersebut.

Banyak yang terjebak ingin meraih kekayaan hanya hitungan hari, sehingga banyak yang berakhir dengan kekecewaan karena gagal.

Sebenarnya MLM adalah hanya suatu sistem yang hampir sama dengan perdagangan umum atau franchise dll. Bisnis adalah berdagang, bahkan Rasulullah SAW pun masa mudanya adalah berdagang, tetapi banyak yang mengeluh atau malas untuk "berjualan" atau sudah menyerah sebelum berperang.

MLM terlihat lebih ditekankan dengan "merekrut" atau "mencari orang". Sebenarnya disinilah sistem kerja-nya artinya untuk pengembangan bisnis itu sendiri, sehingga :
1. Kita menyusun kekuatan dengan berjualan bersama ( mitra niaga )
2. Kita menunjukkan jiwa kepemimpinan sebgai upline untuk membina downline atau cabang kita.
3. Kita punya keterbatasan rekanan/ konsumen/ pelanggan sehingga kita mengajak orang lain untuk membantu mengembangkan pemasaran.
4. Kita memposisikan selain sebagai penjual juga sebagai konsumen yang setia, sehingga kita harus benar-benar memilih produk yang bermanfaat.

Jadi dalam memilih MLM sebaiknya adalah ada keseimbangan transaksi antara uang yang kita berikan dengan yang kita terima baik itu berupa produk atau jasa yang nilainya sepadan dan tidak merugikan.

Dan produk dan jasa itu dapat dijual kembali atau bermanfaat untuk kita gunakan sendiri.


SEMANGAT CINTA

Jangan...
Jangan gentar barang sedikitpun
Tunjukkan bahwa engkau adalah sebuah sinar
Sinar terang yang berkemilauan
Penuh dengan pesona berbinar

Dayung...
Dayung perahu semangatmu
Penuhi ia dengan bahan bakar kesabaran
Basahi dengan air tawadhu'
Hingga datang sebuah ketenangan

Tenang...
Tenang seperti malam

Mengalir...
Mengalir seperti air

Hiduplah dengan jiwa bahagia
Tumbuhkan bunga harum menusuk jiwa
Yang menggelorakan semua cinta
Merasuki semua jiwa-jiwa

Ooo...
Datanglah cinta
Penuhi aku dengannya
Cinta yang tertuju pada Allah semata

Allah...
Allah...
Allah...

Allah...
Allah...
Allah...

Allah...
Allah...
Allah...

  • >> Selanjutnya :
Menjemput Impian
Internet Marketing
Apakah Multi Level Marketing itu ?
Bisnis MLM Lebih Unggul
Sisi Positif Dan Negatif MLM
MLM Menurut Seorang Pakar Internet Marketer
MLM Menurut Hukum Islam
Tips dan Trik Memulai Bisnis MLM
Macam-Macam Sistem MLM
MLM Binary
A.P.L.I
MLM Pilihan : Melia Nature Indonesia
MLM Pilihan : Golden Life








Komentar

Postingan Populer