MLM Binary



MLM adalah sebuah bisnis pemasaran atas suatu produk yang dilakukan melalui banyak tingkatan atau level, yang sering disebut dengan up-line (tingkat atas) dan down-line (tingkat bawah).

Singkatnya, sistem pemasaran dan penjualan atas suatu produk dengan menggunakan sistem jaringan atau networking. Upline diharuskan untuk mencari downline sebanyak-banyaknya agar bisa melakukan duplikasi pekerjaan yang dia lakukan dan tentu saja agar mendapatkan bonus yang berlipat.

Dalam sistem MLM, memiliki kaki (downline) tidak dibatasi sampai tingkat kedalaman vertikal.

Misalnya, Ari merekrut Budi, dan Budi merekrut Citra. Berhenti sampai disitu. Artinya, untuk penjualan yang dilakukan Budi dan Citra, Ari berhak atas semacam overriding fee, karena ia membina kelompok tersebut.

Pada tahap berikutnya, bila Citra merekrut Dina dan Dina merekrut Eko, maka Ari tetap mendapatkan sejumlah komisi (apa pun nama atau istilahnya) dari penjualan yang dilakukan oleh kelompok yang direkrut oleh Budi sampai Eko.

Begitu juga kalau Eko kemudian merekrut Gina, Gina merekrut Fitri, Fitri merekrut Hadi, Hadi merekrut Iskandar sampai Zulfikar, maka Ari berhak mendapatkan keuntungan dalam persentase yang semakin kecil.

Selain lewat pola mendalam/vertikal untuk merekrut downline sekaligus melebar/horizontal untuk merekrut frontline. Namun polanya tetap menjual produk dan merekrut serta mendidik/melatih orang yang direkrut untuk melakukan hal yang sama (duplikasi).

Sistem binary merupakan sistem perekrutan maksimal 2 orang (membentuk 2 kaki/frontline langsung).

Misalnya, Anda merekrut Banu dan Citra sebagai downline langsung Anda. Banu kemudian merekrut dua orang lagi dibawahnya. Begitu juga Citra yang harus merekrut downline langsung. Downline langsung Banu dan Citra akan melakukan hal yang sama, sehingga jaringan Anda dibawah tak terbatas (ada perusahaan yang membatasi sampai jumlah tertentu).

Para pelaku bisnis MLM kerap menyebut sistem binary dengan singkatan KKS (Kanan Kiri Seimbang). Bahkan binary sendiri terkadang menjadi akronim dari bina kanan-kiri.

Dunia MLM sebenarnya memiliki berbagai jenis sistem marketing plan (rencana pemasaran). Hampir di setiap perusahaan MLM memiliki sistem marketing plan yang berbeda-beda.

Sistem binary inilah yang kemudian muncul akibat adanya modifikasi di sana-sini yang tujuannya adalah menciptakan pasar baru atau peminat baru. Sistem ini muncul pertama kali tahun 1990-an. Banyak orang beranggapan atau menyamaratakan sistem binary sama dengan money game dan skema piramid.

Sejak dahulu, jika Anda bergabung dengan perusahaan sistem binary, maka perusahaan tersebut memberikan kepada Anda yang namanya hak usaha/bisnis.

Hak usaha/bisnis sering kali disebut dengan kata yang lain seperti : Tracking Center (TC), Business Center, kavling, titik , paket, dan sebagainya.

Anda juga bisa bergabung berkali-kali dengan nama Anda yang sama tergantung modal Anda tentunya. Di setiap perusahaan binary rata-rata menawarkan beberapa hak usaha/bisnis yang relatif hampir sama.

Setiap unit hak usaha/bisnis memiliki potensi keuntungan maksimal tertentu setiap hari yang biasa dikenal dengan flush out .

Flush out adalah pembatasan bonus yang diterima dari bonus keseimbangan/pasangan. Jadi pada bonus ini ada batasnya, kalau tidak maka perusahaan bisa gagal bayar bonus atau biasa disebut sistemnya jebol.

Biasanya sistem flush out berlaku dalam 1 hari. Setiap orang berhak bergabung lebih dari 1 hak usaha/bisnis. Anda boleh bergabung dengan pilihan 1, 3, atau 7 hak usaha/bisnis sekaligus.

Jika anda bergabung dengan 1 hak usaha/bisnis, berarti Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan 2 kaki atau 2 jaringan.

Kalau Anda bergabung dengan 3 hak usaha/bisnis, berarti Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan 4 kaki atau 4 jaringan.

Sedangkan bergabung dengan 7 hak usaha/bisnis, berarti Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan 8 kaki atau 8 jaringan. Uniknya, dalam sistem binary Anda bisa menjual salah satu hak usaha/bisnis Anda jika Anda mengambil 3 atau 7 hak usaha/bisnis kepada orang lain atau kepada calon member Anda.

Yang perlu Anda tahu pada sistem binary memang berbeda dengan rule of the game pada sistem MLM murni. Rule of the game pada sistem binary hanya mengenal biaya pendaftaran dan tutup point saja. Tidak ada yang namanya side volume.

Sedangkan sistem reward dan peringkat serta support system hampir sama cara kerjanya. Kewajiban tutup poin pun biasanya hanya sebuah pilihan. Artinya tidak memaksa bagi seorang member, tapi ada juga yang bersifat mutlak dilakukan agar mendapatkan bonus.


  • << Sebelumnya :
Folosofi Angsa 

Menjemput Impian
Internet Marketing
Apakah Multi Level Marketing itu ?
Bisnis MLM Lebih Unggul
Sisi Positif Dan Negatif MLM
MLM Menurut Seorang Pakar Internet Marketer
MLM Menurut Hukum Islam
Tips dan Trik Memulai Bisnis MLM
Macam-Macam Sistem MLM


  • >> Selanjutnya :
A.P.L.I
MLM Pilihan : Melia Nature Indonesia
MLM Pilihan : Golden Life

Komentar

Postingan Populer